BANDUNG, itb.ac.id — Sebagai penutup rangkaian Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) 2018, Institut Teknologi Bandung menggelar kegiatan Open House Unit (OHU) di kampus ITB, Jalan Ganesha, Sabtu (25/8/2018). Dalam kegiatan tersebut, ribuan mahasiswa baru begitu antusias mengunjungi berbagai stand Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di ITB.
OHU 2018 merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang digelar oleh Keluarga Mahasiswa (KM) ITB, sekaligus menjadi acara puncak OSKM tahun ini. OHU juga menjadi ajang pengenalan 92 UKM yang ada di ITB kepada mahasiswa baru. Tema yang diangkat dalam OHU kali ini yaitu “Treasure Hunt in Secret Jungle”
“Kenapa kita mengambil tema tersebut, karena mahasiswa baru akan berkeliling mencari unit-unit yang mereka mau untuk itu kita mengadakan seperti pencarian harta karun. Jadi mahasiswa baru dikasih peta OHU dan akan dikasih stempel oleh masing-masing unit ketika mereka mengunjungi standnya,” kata Ketua Panitia OHU 2018, Putri Sonia Dewanty.
Sebanyak 92 UKM yang berpartisipasi itu, dibagi ke dalam tiga rumpun yakni rumpun budaya, rumpun seni, rumpun olahraga dan rumpun pendidikan. Masing-masing rumpun, standnya ditempatkan di lokasi berbeda. Putri mengatakan, secara konsep acara OHU kali ini tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
Dia menjelaskan, OHU 2018 secara resmi dibuka dengan diawali pawai dari semua unit. Setelah itu, para mahasiswa baru bisa langsung mengunjungi berbagai stand yang ada untuk mencari tahu seputar kegiatan UKM tersebut.
“Harapannya Maba ini bisa meng-explore unit-unit yang ada di ITB. Nanti akan ada perform juga dari unit-unit tersebut di panggung utama. Penampilannya diserahkan kepada unit tersebut mau nyanyi, membuat alat, menari dan lainnya,” kata Putri yang merupakan mahasiswa Desain Produk Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB angkatan 2016 itu.
Putri mengatakan, namun ada hal baru yang ditampilkan di OHU tahun ini, yaitu ada Cicip Budaya. Konsepnya adalah unit-unit yang berada di rumpun budaya bisa mengenalkan makanan khas daerahnya masing-masing. Para pengunjung nantinya bisa merasakan makanan khas daerah tersebut.
“Kemudian ada Grand Wahana seperti lokasi untuk permainan. Ada dua games di sana pertama lempar bola dan kedua tendang bola yang masuk ke lubang. Jadi memang konsep yang kita gunakan di OHU ini setelah teman-teman mahasiswa baru ITB melewati seminggu pertama kuliah dan tegang, di sini bisa senang-senang bareng di OHU,” katanya.
Di akhir acara, panitia OHU juga mengundang grup musik Sore sebagai guest star untuk hiburan pamungkas. Acara pun hanya berlangsung selama sehari dan selesai pada pukul 22.00 WIB.
“Dengan adanya OHU, diharapkan mahasiswa ITB bisa terwadahi kegemarannya, kreativitasnya dan bisa menemukan keluarga mereka pertama. Karena kan begitu masuk ITB mereka bingung mau kemana dan apa yang bakal menaungi minat mereka,” pungkasnya.
Salah satu mahasiswa baru yang sempat ditemui, Bayu mengaku cukup antusias mengikuti kegiatan OHU 2018. Banyak stand-stand yang ia kunjungi dan bertanya langsung seputar kegiatan yang dilakukan. Namun dia masih belum menentukan pilihan kemana akan mendaftar. “Acaranya meriah, unitnya ternyata banyak juga jadi kita banyak pilihan untuk ikut yang mana,” ujarnya.