Kampus ITS, ITS News – Mobil Nogogeni V karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meraih peringkat pertama pada ajang Jatim Otomotif Festival (JOFEST). Mobil buatan tim Nogogeni ITS menang pada kategori Inovasi Alternatif Kendaraan Bermotor. Penghargaan ini diterima sebagai wujud apresiasi dari GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada insan kreatif di bidang auto-aftermarket industri di Jawa Timur pada Senin (15/9) lalu di Grand City Surabaya.

Ahmad Ibad Maulana, Ketua tim Nogogeni 2018/2019 menuturkan untuk bisa mendapat penghargaan tersebut, Ia dan tim telah melewati dua tahap. Tahap pertama ialah penjurian mengenai spesifikasi, kelebihan, dan inovasi. “Kami mempresentasikan kelebihan mobil kami. Selanjutnya tahap kedua dilaksanakan penilaian tertutup,” terang mahasiswa angkatan 2015 tersebut.

Inovasi yang dikembangkan pada Nogogeni V sendiri berada pada bahan bakar yang digunakan yakni energi listrik. Inovasi penggunaan listrik ini menjadi penting mengingat listrik dewasa ini menjadi alternatif bahan bakar utama untuk menggantikan bahan bakar fosil. “Nogogeni V mampu meraih efisiensi listrik sebesar 125,1 km/kwh,” ucap mahasiswa Departemen Mesin Industri.

Uniknya, kontrol pada mobil ini dirakit langsung oleh mahasiswa sendiri. Untuk pembuatannnya tim Nogogeni membutuhkan waktu sekitar enam bulan. Selain mengikuti lomba, ajang ini juga dimanfaatkan oleh tim Nogogeni untuk memamerkan karyanya kepada pengunjung, termasuk orang-orang penting di bidang otomotif nasional maupun internasional.“Kegiatan seperti ini memberikan dampak positif bagi Nogogeni karena dapat menjadi wadah branding untuk menarik minat investor,” ujar Ibad.

Penghargaan inovasi yang diraih Nogogeni bukanlah hal yang baru mengingat track record penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional. Produk keluaran 2011 yang pernah diapresiasi oleh Dahlan Iskan ini telah secara kontinu diperbarui selama tujuh generasi dalam rangka penyempurnaannya. Kedepannya, Nogogeni yang berfokus pada kategori etanol dan listrik .

Pada perlombaan ini, ITS sapu bersih penghargaan di bidang inovasi alternatif. Selain Nogogeni V yang menduduki peringkat pertama, ITS juga meraih peringkat dua oleh tim ITS Sapuangin dan peringkat tiga oleh tim ITS Antasena. (ion4/jel)