Setiap tahun mahasiswa Bidikmisi melakukan syukuran kelulusan/wisuda. Kali ini syukuran wisuda mahasiswa Bidikmisi dilaksanakan di auditorium Universitas Tanjungpura pada hari Jum’at, 14 September 2018. Hadir pada acara syukuran diantaranya Pembantu Direktur III, Kabag AKPSI, para Ketua Jurusan dilingkungan Politeknik Negeri Pontianak.

Tahun 2018 Politeknik Negeri Pontianak mewisuda lulusan sebanyak 1.122 orang dan diantaranya ada 257 orang lulusan yang berasal dari mahasiswa Bidikmisi.  Diantara wisudawan yang memperoleh lulusan dengan IPK tertinggi adalah Reza Dzulhijjah dari Jurusan Administrasi Bisnis dengan IPK 3,95. Selain itu, ada Mardiah dari Jurusan Akuntansi dengan IPK 3,93, Elin Elisa IPK 3,91  dari Jurusan Teknologi Pertanian (TPHP).

Mengenyam pendidikan tinggi alias kuliah adalah cita-cita setiap orang. Selain menambah ilmu, dengan kuliah, diharapkan kita bisa mendapat pekerjaan yang lebih baik, sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarga, ujar Pembantu Direktur III Wawan Heryawan mengawali sambutanya pada acara syukuran wisuda mahasiswa Bidikmisi. Kegiatan syukuran ini merupakan ungkapan terima kasih atas jerih payah yang sudah saudara laksanakan selama mengikuti pendidikan di Politeknik Negeri Pontianak.

Sebagai lulusan dan alumni Politeknik Negeri Pontianak, saya berharap para wisudawan dapat menjaga nama baik almamaternya. Atas nama manajeman dan civitas akademika Politeknik Negeri Pontianak menyampaikan selamat pada saudara serta keluarga karena telah menyelesaikan pendidikannya di Polnep, ujar Pudir III. Lebih lanjut diungkapkannya, saat ini tantangan yang dihadapi berbeda dari sebelumnya, sekarang era revolusi industry 4.0 yang biasa disebut Era Revolusi Digital. Dan ini mengubah cara beraktifitas manusia dalam skala, ruang lingkup, kompleksitas dan transformasi dari pengalaman hidup sebelumnya.

Untuk menghadapi tantangan zaman, para lulusan perguruan tinggi  harus memiliki Stock of Knowledge yang tinggi atau hard skill yaitu berupa keahlian khusus sesui bidang keilmuan dan soft skill berupa kemampuan komunikasi, kemampuan adaptasi/fleksibilitas, kerjasama, tingkat kepekaan, motivasi, etika , attidude serta daya inovasi dan kreativitas yang memadai.

Saya atas nama pimpinan dan jajarannya mengucapkan terima kasih kepada para orang tua wisudawan dari Bidikmisi yang telah mempercayaan Politeknik Negeri Pontianak sebagai tempat putra/putrinya menimba ilmu dan meningkatkan keterampilan serta pengembangan diri, ujar Pudir III mengakhiri sambutannya.

Wisudawan Bidikmisi tahun 2018 yang berprestasi dan memperoleh IPK terbaik diantaranya :  Reza Dzulhijjah IPK 3,95 (Jurusan Administrasi Bisnis), Madiah IPK 3,93 (Jurusan Akuntansi), Elin Elisa IPK 3,91 (Jurusan TPHP), Ovie Inten Pertiwi IPK 3,87 (Jurusan Teknik Elektro), Mulyadi IPK 3,82 (Jurusan IKP Prodi Teknologi Penangkapan Ikan), Abdillah IPK 3,44 (Jurusan Teknik Mesin) dan Dede Kurniawan IPK 3,42 (Jurusan Teknik Arsitektur). Syukuran dilanjutan dengan pemberian penghargaan kepada lulusan yang berprestasi dan diserahkan oleh Pembantu Direktur III Wawan Heryawan.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)