Direktorat Kemasiswaan dan Pengembangan Karir Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan IPB Jobfair Career dan Entrepreneurship Expo 2018 di Gedung Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, Bogor (21-22/9). IPB berupaya menjadi fasilitator untuk menyatukan kepentingan dunia usaha sebagai penyedia lapangan kerja dengan lulusan perguruan tinggi sebagai pencari kerja. Selain itu, kegiatan ini juga dibarengi dengan entrepreneurship expo untuk memperkuat jiwa kewirausahaan sehingga diharapkan para mahasiswa tersebut dapat menjadi job creator.
Rektor IPB, Dr. Arif Satria mengatakan kegiatan ini adalah sebuah ajang bagi IPB untuk mendekatkan antara dunia kerja dan pencari kerja. Lulusan baru bisa mengenal dunia kerja sekaligus menjadi akses untuk segera mamasuki dunia kerja.  “IPB mengharapkan para lulusannya benar-benar bisa berkarir di masyarakat mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam waktu yang sesingkat-singkatnya setelah lulus kuliah,” kata Rektor.
Kasubdit Pengembangan Karir dan Karakter Mahasiswa Direktorat Kemasiswaan dan Pengembangan Karir IPB, Handian Purwawangsa, S.Hut, MSi menjelaskan bahwa pelaksanaan program JobFair ini merupakan bentuk komitmen IPB untuk mempercepat penyerapan lulusan IPB pada dunia kerja. Menurutnya, Jobfair tahun ini terintegrasi antara promosi, presentasi, pameran, konsultasi karir gratis dan aktivitas in campus recruitment yang dilakukan oleh perusahaan. Semuanya dalam satu kesatuan yang diharapkan dapat memberikan manfaat maksimal bagi perusahaan mitra IPB dan alumni atau mahasiswa IPB serta lulusan atau mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lainnya.
Ia menambahkan kegiatan JobFair IPB hari ini diikuti oleh 41 perusahaan peserta career expo. Jumlah peserta yang hadir sekitar 3000 pengunjung. Perusahaan yang berpartisipasi terdiri dari perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, perbankan, asuransi dan pembiayaan, pendidikan, Information and Technology (IT), consumer goods dan manufaktur. Rangkaian acara IPB JobFair Career and Scholarship Expo 2018 terdiri dari Career Expo, Entrepreneurship Expo, Presentasi Perusahaan, dan Konsultasi Karir.
Hadir dalam pembukaan JobFair 2018, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Dr. Ir. Drajat Martianto, para wakil dekan, dan pejabat lainnya di lingkungan IPB. Sedangkan pengunjung berasal dari kalangan mahasiswa, alumni mahasiswa perguruan tinggi baik dari IPB maupun perguruan tinggi lain serta masyarakat umum yang ingin mencari kerja atau mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. (Awl/Zul)