BALI 08/10/18 –kerja sama bilateral antara Indonesia dan Tiongkok semakin diperkokoh melalui kunjungan delegasi Tsinghua University ke Bali, Indonesia pada hari Selasa, 09 Oktober 2018. Kunjungan tersebut dalam rangka menghadiri kegiatan Tri Hita Karana Sustainable Development Program yang dilaksanakan di Pulau Kura Kura, Bali melalui kolaborasi dengan Yayasan Upaya Damai Indonesia (YUID) yang diketuai oleh Ibu Mari Eka Pangestu.

Delegasi Tsinghua University dipimpin oleh Mr. Qiu Yong, President of the Tsinghua University untuk melakukan penandatanganan naskah kerja sama antara Tsinghua University bersama dengan YUID dan beberapa perwakilan Pemerintah Indonesia yang dihadiri oleh beberapa perwakilan Pemerintah Indonesia seperti Bapak Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Kemaritiman; Bapak Rudiantara, Menteri Telekomunikasi dan Informasi; dan Bapak Ainun Na’im, Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Pada kesempatan tersebut, Kemenristekdikti bersama dengan Tsinghua University dan YUID menandatangani perjanjian kerja sama bidang iptek dan dikti dalam kolaborasi memajukan dunia pendidikan tinggi di Indonesia dan upaya mendukung Sustainable Development Goals sebagai salah satu kebijakan Pemerintahan Bapak Presiden Republik Indonesia. Seiring dengan kegiatan penandatanganan kerja sama tersebut, dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama para pejabat Indonesia dan Tsinghua University.

Kegiatan pada hari tersebut selanjutnya berpindah ke area Pulau Kura Kura lainnya dalm prosesi simbolik pelepasan bibit kura-kura di pulau tersebut. Penutup acara dilaksanakan dengan acara makan malam yang turut dihadiri oleh Bapak Bambang Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional.