JAKARTA – Fine Bubble Industries Association (FBIA) yang berkedudukan di Jepang, mengajak Badan Standardisasi Nasional (BSN) untuk menjadi host terkait dengan rencana Technical Meeting ISO/TC 281 Fine Bubble Technology pada tahun 2020. Di tahun yang sama, FBIA juga menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk menjadi host dalam pertemuan International Collaboration Platform dan Workshop Ultrafine Bubbles Technology.

Untuk itu, FBIA dan IPB melakukan audiensi dengan BSN pada Senin (19/8/2019), di kantor BSN, Jakarta. Perwakilan yang hadir, Manager, Planning FBIA, Nobuhisa Kitagawa; Supervisory Innovation Coordinator of National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST), Nobuhiro Aya yang juga menjabat sebagai Committee Manager of ISO/TC 281 Fine Bubble Technology; serta Guru Besar IPB, Prof Aris Purwanto.

BSN menyambut baik kedatangan FBIA dan IPB dan tak menutup mata dengan teknologi Fine Bubble ini. “Saya kira ini teknologi baru. Jadi kita mesti terbuka untuk meningkatkan efisiensi,” sebut Kepala BSN, Bambang Prasetya.

ISO/TC 281 sendiri telah memiliki 6 standar yang berstatuspublished terkait Fine Bubble Technology. Yaitu, ISO 20480-1:2017, ISO 20480-2:2018, ISO 21255:2018, ISO 20298-1, ISO/TS 23016-1, dan ISO 23016-2.

Selain Kepala BSN, turut hadir Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Nasrudin Irawan; Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian, Zakiyah; Deputi Bidang Standar Nasonal Satuan Ukuran BSN, Hastori; dan Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan, dan Halal, Wahyu Purbowasito.

IPB mewakili Indonesia dalam International Collaboration Platfrom dalam aplikasi teknologi Ultrafine Bubbles untuk bidang pertanian dan perikanan bersama dengan perwakilan dari Jepang, Vietnam, Singapura, dan Amerika Serikat. Melalui skema kerjasama ini telah dilakukan pertemuan secara regular di negara-negara anggota. Pertemuan terakhir dilaksanakan di Hanoi, Vietnam pada Januari 2019. Pada pertemuan tersebut dilaksanakan juga Series Technical Meeting ISO/TC 281 yang dilaksanakan di STAMEQ (Standards, Metrology, and Quality of Vietnam) dimana Indonesia saat ini masuk sebagai salah satu Observing Members.

sumber : http://www.bsn.go.id/main/berita/detail/10398/fbia-ajak-bsn-dan-ipb-bahas-teknologi-fine-bubble