Dr. Ahmad Agus Setiawan, dosen Departemen Teknik Nuklir danTeknik Fisika UGM, menerima penghargaan dari Curtin University (25/10) di Kings Park, Perth, Australia.

Agus meraih penghargaan kategori Professional Achievement Award Science & Engineering pada Curtin University Alumni Achievement Award 2018.

Agus menjelaskan Curtin University Alumni Achievement Award merupakan ajang penghargaan dari Curtin University kepada para alumninya yang dinilai berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat dan industri. Penghargaan diberikan setiap tahun sejak tahun 2014 dalam berbagai kategori.

“Ada 10 alumni yang terpilih menerima penghargaan dalam enam kategori di tahun ini,” jelasnya, Senin (29/10).

Dia terpilih menjadi salah satu penerima penghargaan alumni Curtin University, khususnya Professional Achievement Award Science & Engginering, sebagai bentuk pengakuan atas pencapaian di bidangnya yakni dalam pengembangan sistem penyediaan/pengangkat air dengan menggunakan energi terbarukan bagi masyarakat yang tidak memiliki akses air bersih.

Konsep sistem penyediaan air dengan memanfaatkan energi surya menghantarkannya meraih UNESCO and Daimler Mondialogo Engineering 2007. Sistem ini telah diimplementasikan di Dusun Banyumeneng, Kecamatan Gunungkidul. Daerah ini menghadapi krisis dalam penyediaan air berseih, terlebih pada musim kemarau.

“Harapannya sistem ini bisa diaplikasikan lebih luas lagi untuk masyarakat di berbagai pelosok Indonesia,” pungkasnya.(Humas UGM/Ika).