Saya bersyukur PDD Singkawang rintisan Akademi Komunitas Singkawang yang dimulai sejak tahun 2012 telah memasuki tahun ke enam. Tahun ini digelar wisuda ke-4, sejak angkatan 1 hingga ke-4 sudah adan 159 lulusan yang dihasilkan, ujar Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muh. Toasin Asha mengawali sambutannya. Lebih lanjut dijelaskannya, keberhasilan ini tentunya berkat kerja keras Pemerintah Kota Singkawang dan jajarannya yang mempunyai komitmen yang sangat tinggi dalam meningkatkan kualitas SDM masyarakatnya.

Pada wisuda ke-4, sebanyak 49 lulusan meraih Diploma II, mereka terdiri dari Jurusan Teknik Elektro, Teknik Informatikan 32 lulusan dan Jurusan Teknologi Pertanian Prodi D2 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan 17 lulusan. Lulusan terbaik diraih Desi Heriyanti dengan IPK 3,93 (Prodi TI) dan Neasia Rahayu Oktoviani dengan IPK 3,91 (Prodi TPHP). Kami berterima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Singkawang atas semua komitmen yang telah diberikan untu kemajuan PDD Singkawang Rintisan Akademi Komunitas Singkawang. Harapan kami, komitmen ini dapat terus berjalan dimasa kepemimpinan ibu Wali Kota.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengapresiasi kemajuan signifikan Akademi Komunitas Singkawan. Ia berharap ke depan Akademi Komunitas Singkawang terus selalu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Menurutnya, persaingan global tidak cukup mengandalkan sumber daya alam tanpa dukungan sumber daya manusia berkualitas. Peningkatan tingkat pendidikan masyarakat menjadi sangat penting. Pemda yang sadar hal itu tidak pernah ragu melakukan investasi pada peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia yang bersifat jangka panjang.

Keseriusan Pemkot Singkawang untuk menjadikan Akademi Komunitas Negeri perlu jadi contoh, selain menghibahkan lahan dan bangunan sekolah, juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa PDD Akademi Komunitas Singkawang melalui SK Wali Kota dan berlanjut sampai sekarang. Selain itu lanjutnya, pemindahan tempat proses belajar mengajar ke gedung yang representatif, perekrutan tenaga pendidik Akademi Komunitas Singkawang, serta biaya hidup dan tempat tinggal tenaga pendidik dan pengelola Akademi Komunitas semua dibiayai melalui APBD Pemkot Singkawang.

Harapan saya semua perguruan tinggi memikirkan ke mana wisudawan setelah lulus. Jadi tidak hanya mewisuda banyak lulusan tanpa arah dan tujuan jelas. Ini juga jadi keseriusan utam a Pemkot Singkawang. Akademi Komunitas menjadi Negeri serta tumbuh mandiri menjadi Politeknik Singkawang seperti umumnya Politeknik yang ada. Karenanya saran, masukan dan langkah-langkah strategi harus kita pikirkan bersama agar cita-cita ini terwujut, ujarnya mengakhiri sambutan.

Wisuda PDD Singkawang rintisan Akademi Komunita dilaksanakan hari Kamis, 01 November 2018 di aula Kantor Walikot Singkawang dan dihadiri seluruh muspida dan pemuka masyarakat di Kota Singkawang.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)