Sebanyak 3.817 mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) mengikuti Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) angkatan 55. Acara pembukaan dilakukan di Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat (14/8).

Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP hadir dalam pembukaan MPKMB dan menyampaikan materi khusus mengenai pertanian Indonesia.

Dr. Andi Amran mengangkat tema “Pembangunan Karakter Mahasiswa Pertanian untuk Mewujudkan Agriculture 4.0″. “Dulu saya lahir dalam keadaan miskin, kemudian mulai merintis usaha dengan modal 500 ribu rupiah dan berkembang menjadi 3 triliun rupiah dalam beberapa tahun. Kuncinya sukses itu adalah kerja, kerja, kerja, dan juga harus yakin, ikhlas, istiqamah, insyaAllah pasti berhasil,” terangnya.

Menurutnya, saat ini konglomerat Indonesia nomor 1-10, 80 persennya berasal dari sektor pertanian. “Maka berbanggalah anak-anakku ketika kalian berada di IPB. Bahkan, inovasi baru pertanian 80 persennya dari IPB. Keuntungan yang didapatkan petani adalah dengan teknologi, dan teknologi itu harus dicetak dari IPB ini,” tambahnya.

Menteri Pertanian optimis masa depan pertanian Indonesia ke depan dapat dipimpin oleh mahasiswa IPB. “Berikan aku 4000 mahasiswa IPB, akan aku jadikan lumbung pangan Indonesia dan aku jadikan Indonesia sebagai negara super power. Bertanilah yang cerdas, sehingga kesejahteraan petani bisa meningkat. Insya Allah, tahun 2045 kita akan menjadi lumbung pangan dunia,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor IPB, Dr. Arif Satria menyampaikan bahwa hanya orang-orang yang membuat sejarahlah yang dapat membuat negara dan bangsanya maju. Mereka adalah orang yang membuat inovasi-inovasi baru dan karya-karya baru. “Sebagai upaya untuk mengukir sejarah baru, IPB baru saja mendapatkan prestasi Anugerah Widyapadhi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kemajuan bangsa tidak ditentukan oleh sumberdaya alamnya melainkan kemampuan untuk mengelolanya, sehingga seharusnya kita bersyukur,” terangnya.

Kegiatan MPKMB IPB angkatan 55 memiliki nama angkatan “Saga Agrisatya”. Ketua MPKMB angkatan 55, Idham F Giffari mengatakan bahwa Saga Agrisatya memiliki arti kisah pertanian yang sempurna. Yang berarti harapan bahwa generasi baru IPB 55 akan mengukir kisah yang paling baik untuk almamater IPB dan Pertanian Indonesia.

“Harapan kami untuk MPKMB IPB 55 ini adalah terciptanya generasi IPB yang cinta pertanian, yang mampu mengukir kisah hebat, yang mampu memajukan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terhormat di hadapan bangsa-bangsa di dunia. Digdaya!” tutupnya (SMH/Zul).