Kecoa sering dianggap sebagai serangga yang menjijikan, bahkan sebagian orang mengalami phobia. Namun dari tangan kreatif mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB), kecoa diubah menjadi pakan ayam berprotein tinggi.

Saadatin Nurul Jannah (2016), Muhammad Sulthoni Ashari (2015), Ajid Alfaruki (2016), dan Elvi Indah Saputri (2017) berhasil menciptakan pakan ternak untuk ayam berbahan baku ceremenje. Ceremenje adalah serangga sejenis kecoa yang hidupnya di bawah kandang ayam.

Saadatin Nurul mengatakan ceremenje memiliki kandungan protein sebesar 63,77%  setara dengan kandungan protein dari tepung ikan. Tetapi harga ceremenje relatif lebih murah sehingga dapat dijadikan sebagai bahan baku pakan ternak yang efisien.

Pasalnya harga pakan ternak di pasaran harganya terus melambung tinggi yang berdampak terhadap peternak kecil. Harga pakan yang mahal tidak sebanding dengan hasil yang didapatkankan, sehingga peternak kecil harus gulung tikar. Sebab biaya pakan menghabiskan 70% dari total biaya produksi.

Berdasarkan fenomena tersebut Saadatin dkk membuat pakan ayam dari ceremenje yang dicampur jagung kuning, MBM, bungkil kedelai, minyak kelapa, premix, dan bahan pakan lainnya. Produk pakan bernama BROWSTER ini sudah melalui uji laboratorium yang aman dikonsumsi oleh ternak ayam. Serta uji coba penggunaan pakan dan terbukti dapat meningkatkan bobot badan ayam.

Produk hasil hibah program kreatifitas mahasiswa (PKM) tahun 2019 dari Belmawa Ristek Dikti ini dikemas dalam kemasan 1 kg, 2 kg, dan 5 kg, yang cocok digunakan untuk peternak kecil. Browster dapat digunakan untuk semua jenis ayam diantaranya broiler, ayam kampung, ayam joper, ayam arab, dan lain-lain.

“Dengan adanya pakan alternatif berbahan baku lokal (ceremenje) diharapkan dapat membantu perekonomian peternak kecil untuk meningkatkan pendapatan. Serta menekan biaya pakan pada saat pemeliharaan ayam,”katanya  (dta/Humas UB)

Sumber berita:
https://prasetya.ub.ac.id/berita/BROWSTER-Pakan-Ayam-Berbahan-Kecoa-22876-id.html

Please follow and like us:
29