Gelaran lomba penulisan artikel dan pembuatan video BAPETEN, hari ini telah memasuki babak akhir dengan diserahkannya hadiah kepada pemanang lomba oleh Sekretaris Uama BAPETEN, Hendriyanto Hadi Tjahyono atau akrab disapa Dudit. Sejumlah peserta yang telah dinobatkan sebagai pemenang, hadir pada hari ini, Senin, 29 Oktober 2018, di Ruang Rapat Besar Gedung A BAPETEN. Tampak hadir Kepala Bagian Humas dan Protokol BAPETEN, Abdul Qohhar beserta jajaran staf Humas BAPETEN.

“Lomba ini bertujuan untuk memperkenalkan tupoksi BAPETEN kepada masyarakat luas serta untuk memperkenalkan bahwa pemanfaatan tenaga nuklir itu ada yang mengawasi, yakni BAPETEN, sehingga masyarakat aman bila ada BAPETEN”, tutur Qohhar tatkala melaporkan kepada Dudit.

Lebih lanjut Qohhar melaporkan bahwa rangkaian pelaksanaan lomba dimulai dengan pelaksanaan media gathering dan edukasi publik serta kunjungan ke DKKN BAPETEN, pada tanggal 25 September 2018. Lalu, mengunjungi Reaktor Serbang Guna GA. Siwabessy Serpong dan Iradiator Gamma Merah Putih BATAN pada tanggal 26 September 2018. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 45 orang, berasal dari media, blogger dan vlogger.

Sementara itu, dalam sambutannya Dudit mengucapkan selamat kepada pemenang lomba dan diharapkan dapat memacu untuk terus berkreasi dan berprestasi. “Jangan dinilai hadiah ini dari nilai nominalnya, akan tetapi wujud apresiasi ini terhadap karya tulisan dan video merupakan sebuah kebanggaan” katanya. Antara BAPETEN dengan media dan blogger perlu terus dipupuk kerjasama agar lebih baik, sehingga informasi tentang nuklir, manfaat dan risikonya dapat tersampaikan kepada publik secara seimbang dan dengan bahasa yang populer dan mudah diterima oleh masyarakat luas. Dudit siap dihubungi kapanpun apabila media dan blogger memerlukan informasi terkait pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir.

Beberapa peserta yang dimintai komentarnya terkait perolehan juara dalam lomba ini menyampaikan ucapan terima kasih dan bersyukur dapat mengetahui lebih jauh tentang nuklir. “Selama ini kami merasa awam dan punya stigma buruk tentang nuklir. Setelah ikut kegiatan yang diselenggarakan oleh BAPETEN kemarin, kami menjadi tercerahkan. Apalagi bisa mendapatkan juara. Ini menjadi suatu anugerah buat kami” tutur salah seorang peserta yang juara.

Diharapkan kegiatan seperti ini akan terus berlanjut, sehingga sinergi antara BAPETEN dengan media, blogger dan vlogger dapat ditingkatkan lagi dalam penyelenggaran even-even berikutnya, dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. (bho/bsb).