SIARAN PERS
NO : 128/SP/HM/BKKP/VIII/2018

 

Bukittinggi – Untuk kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Pesta Olahraga se-Asia yakni Asian Games ke-18. Salah satu yang menjadi media sosialisasi penyelenggaraan Pesta Olahraga ini adalah Kirab Obor (Torch Relay) Asian Games 2018 yang melalui 18 Provinsi dan 54 Kabupaten Kota di Indonesia.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir turut mendukung dan menyemarakkan Asian Games 2018 dengan ikut mengarak obor di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (2/8).

Pada kesempatan tersebut Menteri Nasir mengajak masyarakat Indonesia turut mensukseskan Asian Games 2018. Menteri Nasir mengingatkan bahwa di masa lalu Indonesia berhasil menjadi tuan rumah yang baik ketika menjadi penyelenggara Asian Games tahun 1962. Beliau berharap kirab obor Asian Games dapat memotivasi Indonesia untuk berprestasi pada perhelatan kali ini.

“Api obor ini merupakan simbol energi, kekuatan dan semangat. Mudah-mudahan dapat menjadi motivasi bagi Indonesia dan lebih berprestasi,” tuturnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyambut dengan sukacita kirab obor Asian Games 2018. Beliau mengungkapkan bahwa moment ini merupakan moment langka dan penting bagi Sumatera Barat, khususnya Kota Bukittinggi.

“Bukittinggi memiliki banyak tempat-tempat yang menjadi saksi sejarah. Dengan singgahnya obor Asian Games 2018 di Bukittinggi, kami berharap Bukittinggi dapat menjadi destinasi wisata bagi turis domestik bahkan dunia,” ucapnya.

Api Obor Asian Games Torch Relay tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada kamis pagi dibawa oleh Rombongan Torch Relay Bearer dari Pekanbaru menggunakan pesawat Hercules. Setelah rangkaian acara penyambutan di BIM, obor beserta rombongan menuju Bukittinggi dan sampai pukul 15.00 WIB. Diarak melalui beberapa titik, dimulai dari Lapangan Olahraga Wirabraja menuju Lobang Japang, dan berakhir di Taman Monumen Bung Hatta.

Turut hadir Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Intan Ahmad, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias beserta staf Pemerintah Kota Bukittinggi, Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal, Pemimpin Perguruan Tinggi di Sumatera Barat, serta tamu undangan lainnya.

 

Dwi Rizqa Ananda

Biro Kerjasaama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti