Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kalimantan Barat (Kalbar), Jum’at (23/3), mengikuti Diseminasi Program Bantuan Pengembangan Layanan Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan (PKPKL) tahun 2018 di aula gedung utama lantai 3 Politeknik Negeri Pontianak. Kegiatan ini merupakan kerja sama Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan dan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI.

Acara dibuka Koordinator Kopertis XI Prof. Dr. Ir. Idiannor Mahyudin dan dihadiri Kasi Sistem Informasi Pendidikan dan Bursa Kerja, Iskandar dan Kasi Pusat Karir Kemenristekdikti, Aslinda sertu tuan Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muh. Toasin Asha beserta jajarannya.
Pada sambutannya Idiannor berterima kasih kepada Direktur Ditjem Belmawa yang melaksanakan diseminasi di wilayah kerjanya.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pengembangan perguruan tinggi, semoga perguruan tinggi swasta ke depan kian berkembang, ungkapnya sembari berharap Kemenristekdikti terus memberikan arahan dan bimbingan, khususnya bagi pengembangan PKPKL. Kami juga apresiasi kepada perguruan tinggi swasta yang telah sungguh-sungguh dalam mengelola pusat karir ini,” ucapnya.

Ditemui usai acara pembukaan, Indiannor berharap, “Semoga kegiatan tersebut kian mempercepat pengembangan mutu pelayanan perguruan tinggi swasta kepada mahasiswa. Perguruan tinggi swasta mempunyai tanggungjawab untuk mencari informasi tentang apakah lulusannya telah berkiprah sesuai dengan program studi yang diambilnya di kampus. Seberapa kesesuaiannya, kalau masih rendah maka perguruan tinggi tersebut harus memperbaiki dan menyempurnakan sistem pembelajarannya atau kurikulum,” ungkapnya.

Perguruan tinggi swasta harus membekali mahasiswa keterampilan untuk memasuki dunia kerja, apakah itu latihan dalam menulis lamaran kerja, latihan menghadapi wawancara dan lainnya. Dan yang terpenting juga, perguruan tinggi harus meningkatkan kemampuan kemandirian mahasiswa dalam hal menciptakan lapangan kerja atau berwirausaha.

Sementara itu, Kasi Sistem Informasi Pendidikan dan Bursa Kerja mengatakan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan website yang akan menampilkan informasi mengenai lapangan pekerjaan baik lowongan pekerjaan dari instansi pemerintah maupun dari swasta. Menurutnya, web ini sedang kami kerjakan semoga bulan Mei atau Juni sudah bisa diakses, khususnya bagi lulusan perguruan tinggi. Web ini juga kembangkan ke depannya untuk lowongan pekerjaan di luar negeri dan lowongan pekerjaan bagi lulusan SLTA, paparnya.

Diseminasi Program Bantuan Layanan PKPKL tahun 2018 dilaksanakan satu hari dan menghadirkan dua narasumber dari Universitas Indonesia dan satu orang dari Universitas Kristen Indonesia (UKI). Para narasumber membimbing peserta bagaimana menyusun proposal pengajuan bantuan layanan pusat karir dan pusat karir lanjutan tahun 2018.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)