Evaluasi diri yang dibuat saat ini merupakan rangkuman kegiatan/proses selama setahun ini (2017), harapannya para auditor dapat membantu program studi mengukur capaian-capaian yang sudah ada, ujar WMM H. Irawan Suharto mengawali laporannya pada kegiatan pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI). Dijelaskannya, bahwa jika kegiatan ini terus dilakukan diharapkan program studi dapat mengukur dan mentargetkan apakah tahun depan akreditasi bisa dinaikan dan terwujud.

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Pontianak H.  Muh. Toasin Asha mengatakan bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) mempunyai kewajiban melaksanakan tugas sebagai pimpinan unit terutama kita yang diberikan amanah. Saya sudah memerintahkan kepada Wakil Manajemen Mutu (WMM) dan jajaran konsisten menjalankan tugas-tugas yang diberikan sebagai penjaga gawang dalam mengawal penjaminan mutu di lingkungan Politeknik Negeri Pontianak. Dijelaskannya, kedepan akan kita tingkatkan penjaminan mutu dan kita perbaiki. Bagi unit-unit yang tidak bisa mengikuti akan kita tinggal, ujarnya mengingatkan para pimpinan unit.

Direktur menjelaskan, apa yang saya sampaikan pada kegiatan EPKO beberapa waktu lalu bahwa program yang menjadi prioritas yang pertama adalah akreditasi, ke dua akreditasi dan ke tiga akreditasi dan baru yang lainnya. Saya katakana sampai tiga kali, karena saya akreditasi menjadi center dan pusat evaluasi keberhasilan capaian kita dalam melaksakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan yang menjadi ukurannya adalah  akreditasi setelah itu baru yang lainnya, tegas Direktur. Ke depan kita harus upayakan semua program studi harus terakreditasi dan diupayakan juga akreditasi internasional, ujar Direktur kembali. Direktur juga merencanakan pada kegiatan dies natalis akan ada penilaian dan peringkatan di masing-masing Jurusan atau Program Studi seperti yang dilakukan Kemenristekdikti pada pengklasteran perguruan tinggi dan lembaga akan memberikan penghargaan sesuai peringkatnya.

Kegiatan Audit Mutu Internal yang di buka oleh Direktur tersebut dihadiri para Pembantu Direktur, para Ketua Jurusan, Sekretaris Juran, Kaprodi, para Kabag. dan para auditor dilingkungan Politeknik Negeri Pontianak yang diselenggarakan di ruang rapat lt. 3 Senin, 18 Desember 2017.