Jakarta – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) genap berusia 50 tahun. Untuk memperingati usianya yang memasuki setengah abad ini LIPI menggelar perhelatan akbar Penganugerahan LIPI Sarwono Award dan Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture (SML) sebagai puncak acara yang bertempat di Auditorium LIPI, Jakarta, Rabu (23/8).
Pemberian Aunugerah LIPI Sarwono Award dan perhelatan SML merupakan kegiatan tahunan yang diadakan LIPI dalam memperingati ulang tahunnya sekaligus bentuk penghormatan atas jasa Almarhum Sarwono Prawirohardjo sebagai bapak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sekaligus Kepala LIPI yang pertama.
Staf Ahli Bidang Relevansi dan Produktivitas, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Agus Puji mengatakan, penganugerahan LIPI Sarwono Award ini perlu diadakan secara terus menerus sebagai penghargaan bagi mereka yang berprestasi.
“Acara ini adalah salah satu penghargaan bagi mereka yang sukses dalam satu bidang tertentu sehingga ini perlu terus kita dorong” ujarnya.
Ia menambahkan, salah satu pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini adalah melalui penghargaan yang setinggi-tingginya bagi mereka yang berprestasi pada bidangnya.
LIPI Sarwono Award merupakan penghargaan kepada perorangan yang telah menunjukkan prestasi luar biasa dalam ilmu pengetahuan, kebudayaan dan kemanusiaan. Azyumardi Azra terpilih sebagai penerima Award tersebut yang dikenal sebagai seorang cendekiawan muslim.
A. Azra juga pernah menjabat sebagai Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada periode 1998-2006. Selain itu ia pernah mendapatkan gelar The Commander of the order of British Empire, sebuah gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Ia juga telah banyak memperoleh penghargaan atas kontribusi yang luar biasa bagi penelitian Indonesia.
Adapun penyelenggaraan SML memberi tempat bagi para tokoh, ilmuwan atau pakar Indonesia yang telah banyak memberikan inspirasi dan pemikirannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan baik di tingkat nasional maupun internasional.
“Apresiasi tinggi sangat patut diberikan kepada para tokoh atau ilmuwan yang telah berjasa memajukan ilmu pengetahuan dan mengabdikan hidupnya untuk kemajuan sains,” tutur Bambang Subiyanto selaku pelaksana tugas Kepala LIPI.
Hasil penelitian tidak begitu saja bisa didapatkan, disini, pemerintah berusaha untuk terus memfasilitasi para peneliti terbaik di Indonesia.
“Karena inovasi tidak tumbuh begitu saja, tetapi harus diupayakan secara terus menerus. oleh karena itu pemerintah harus memberikan sesuatu sehingga kedepannya para peneliti dapat memiliki tempat,  sehingga indonesia bisa mandiri,” Harap Agus Puji.(TJS)

Galeri