UNAIR NEWS – Bagi masyarakat yang tinggal di daerah perifer, pelosok atau jauh dari pusat kota, kesehatan menjadi salah satu masalah yang masih membutuhkan perhatian khusus. Menyadari hal itu, alumni Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga bekerja sama dengan TNI-AL melalui Korps Marinir menggelar bakti sosial (baksos) kesehatan gigi dan mulut.

Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), terpilih menjadi tempat dilangsungkannya baksos tersebut. Yakni, tepatnya di Stadion Mangge Maci pada Senin (29/1).

Kegiatan itu merupakan bentuk darma bakti sekaligus bukti peran serta alumni FKG UNAIR terkait masalah kesehatan di masyarakat. Selain itu, baksos itu digelar dalam rangka Latihan Satuan Lanjutan (LSL) III DA/LA TW. IV Ta. 2018 TNI-AL.

“Berdasar data, tercatat 654 pasien yang mengikuti baksos kesehatan ini,” ungkap alumnus FKG UNAIR Letkol Laut (K) drg. Bachtiar Effendi, Sp.KG., Mtr. Hanla, yang juga selaku pimpinan baksos tersebut.

Bachtiar menambahkan, terdapat 547 pasien yang melakukan pengobatan umum. Sebanyak 107 pasien lainnya melakukan pengobatan gigi. Dan, Ada 35 anak yang mengikuti khitan massal.

”Juga, terdapat 648 anak SD mendapatkan penyuluhan gigi,” tambahnya.

Dalam baksos itu, tim menerjunkan beberapa dokter umum dan dokter spesialis, baik dari UNAIR maupun TNI-AL. Perinciannya, terdapat enam dokter gigi spesialis yang merupakan anggota IKAGI (Ikatan Alumni Kedokteran Gigi) UNAIR dan dua dokter dari Korps Marinir TNI-AL.

Dokter gigi spesialis dari IKAGI UNAIR tersebut, antara lain, Dr. Nina Nilawati, drg., Sp.Perio (alumnus 1981); drg. Nungki Nawangsari, Sp.KG (alumnus 1989); drg. Umi Hanik, M.Kes (alumnus 1981); drg. Dwi Setianingtyas, Sp.PM; drg. Yuni Ardhie (alumnus 1985); drg. Dwi Endah Soesiloningsih (alumnus 1988); drg. Siti Aisyah (alumnus 1971); dan drg. Fika Rah Ayu Sp.BM (alumnu 2016). Selanjutnya, yang berasal dari Korps Marinir TNI-AL adalah Letkol Laut (K) drg. Bachtiar Effendi, Sp.KG., Mtr. Hanla (alumnus 1991).

Selain itu, lima puskesmas dari Kota Bima turut memberikan bantuan. Di antaranya, Puskesmas Rasanae Timur, Puskesmas Pena Nae, Puskesmas Punda, Puskesmas Asah Kota, dan Puskesmas Paruga. Setiap puskesmas mengeluarkan seorang dokter umum, tiga perawat, serta seorang apoteker.

“Alumni FKG UNAIR ini selalu solid dan hadir di mana-mana. Saya mengajak alumni FKG UNAIR lainnya memanfaatkan berbagai kegiatan yang sudah dan akan digelar pengurus IKAGI. Selain sebagai ajang mempererat silaturahmi, ini bertujuan menghadirkan alumni FKG UNAIR di mana-mana,” jelas Ketua IKAGI UNAIR Laksamana Pertama TNI drg. Nora Lelyana, MH.Kes saat dihubungi melalui telepon terkait baksos tersebut. (PIH UNAIR)