UNAIR NEWS — Pemerintah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, menjalin kerja sama dengan Universitas Airlangga dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Penandatanganan kerja sama itu berlangsung di Ruang Rapat Rektor, Jumat (24/11) yang dihadiri Wakil Bupati Berau beserta jajaran, sekertaris, serta beberapa pimpinan UNAIR.
Wakil Bupati Berau Agus Tantomo menyatakan, ada beberapa aspek yang ingin dikembangkan di Berau dengan bantuan UNAIR. Misalnya, bidang pariwisata, perkebunan, dan pertanian.
”Kami ingin mengembangkan bidang-bidang tersebut agar punya nilai tambah,” ucap Agus.
Dalam sesi diskusi, pihaknya mengungkapkan bahwa Berau tidak tertarik untuk ikut membangun perguruan tinggi seperti daerah-daerah yang lain. Untuk mengembangkan kualitas SDM di Berau, pihaknyamengaku cukup dengan mengirim SDM untuk mengambil pendidikan atau pelatihan di perguruan tinggi terkemuka. Seperti yang akan dilakukan di UNAIR.
“Kami berharap kerja sama bidang pendidikan, pelatihan, dan tugas belajar. Kami juga ingin mengirim aparatur sipil negara (ASN), pegawai yang ingin meningkatkan kemampuan,” tuturnya.
Agus menambahkan, Berau pernah menjalin kerja sama dengan UNAIR, tapi hanya dengan bidang pusat penelitiannya. Pihaknya berharap kerja sama tersebut bisa segera direalisasikan.
“Saya berharap kerja sama ini memberikan manfaat kepada kedua pihak. Harus segera ada realisasinya,” tegasnya.
Mamatuhi kerja sama kelembagaan
Sementara itu, Sekretaris Universitas Koko Srimulyo berharap kerja sama itu bisa terealisasi dengan baik dan tujuannya bisa terwujud riil. Dalam kesempatan tersebut pula, dia menekankan agar berjalannya kerja sama itu bersifat kelembagaan, sesuai dengan prosedur di UNAIR.
Sebab, menurut dia, ada beberapa kerja sama yang dimanfaatkan pihak-pihak tertentu untuk kepentingan individu.
“Sebab, MoU ini bersifat kelembagaan, maka selanjutnya kegiatan-kegiatannya, ya sifatnya kelembagaan. Sering, mohon maaf, MoU dimanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan individu saja,” ucap Koko.
“Kita berharap, kalau bekerja sama dengan UNAIR, maka suratnya melembaga. Jadi, lembaga ini bisa mencarikan staf ahli yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” imbuhnya. (PIH UNAIR)