Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM Kema) Universitas Padjadjaran berhasil meraih Juara I Lomba Sosialisasi Bandung Lautan Api “70th Bandung Lautan Api” yang digelar Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Bandung pada 24 Maret 2016 lalu. Pada kompetisi tersebut, BEM Kema diwakili oleh 8 orang anggotanya yang tergabung dalam Departemen Hubungan Eksternal dan Aksi Strategis.

Ditemui di Ruang Humas Unpad, Jatinangor, Kamis (31/03), Kepala Departemen Hubungan Eksternal dan Aksi Strategis BEM Kema Unpad Taufiq Rahman mengatakan bahwa dalam kompetisi tersebut, para peserta yang merupakan anggota dari sejumlah organisasi atau komunitas kepemudaan di Bandung  diminta untuk melakukan orasi sebagai bagian untuk menyosialisasikan hari peringatan Bandung Lautan Api. Kedelapan mahasiswa yang terlibat di lomba ini adalah Taufiq Rachman Hakim, Ucu Feni, Ferry Gunawan, Maulana Hafid, Alfath Fadhlurrahman, Satia, Gumelar, Arifo, Afif, dan Rizky.

Dari BEM Kema Unpad, selain melakukan orasi, sosialisasi juga dilakukan dengan aksi teatrikal, pembacaan sajak, dan menyebarkan flyer terkait Bandung Lautan Api di kawasan Turangga, Kota Bandung. “Sosialisasinya ke masyarakat umum,” ungkap Taufiq.

Menurut Taufiq, banyak masyarakat yang menurun kepeduliannya terhadap hari peringatan Bandung Lautan Api ini. Bahkan dari aksi sosialisasi yang BEM Kema Unpad lakukan beberapa waktu lalu itu, ternyata banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa 24 Maret diperingati sebagai Hari Bandung Lautan Api. Apresiasi positif pun banyak didapat dari masyarakat atas aksi dari BEM Kema Unpad ini.

“Alhamdulillah banyak yang antusias. Katanya, bagus pemuda sekarang masih mau mengingatkan tentang Bandung Lautan Api,” ungkap Taufiq yang bertindak sebagai orator dalam kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Taufiq mengungkapkan bahwa di tahun kepengurusan BEM Kema kali ini, salah satu prioritas programnya adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat. Atas dasar itulah BEM Kema Unpad mengikuti kompetisi ini, disamping  juga aktif melakukan kegiatan lain sebagai bagian dari meningkatkan rasa nasionalisme.

“Sebenarnya kemarin tuh enggak terlalu berharap menang. Mau menang mau kalah ya enggak apa-apa, toh tujuan awalnya kita ingin menyampaikan mengenai Bandung Lautan Api itu sendiri,” kata mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unpad ini.

Setelah meraih juara, selain senang, mereka pun berkeinginan untuk terus mengembangkannya menjadi lebih baik. Baik dari segi kemampuan orasi, maupun dalam hal meningkatkan jiwa nasionalisme masyarakat melalui bentuk sosialisasi lain.

“Niatnya ingin dikembangkan. Tidak cuma melalui orasi, tetapi juga dalam bentuk kegiatan lain,” ujar Taufiq.

(Humas Unpad/Artanti Hendriyana/eh)