CANBERRA – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan pertemuan dengan Department of Education and Training (DET) Australia dalam rangka Australia-Indonesia Joint Working Group (JWG) on Research and Higher Education pada hari Rabu (30/11).

Sekretaris Jenderal, Prof. Ainun Na’im, bertindak sebagai ketua delegasi Kemenristekdikti pada JWG yang merupakan pertemuan kedua ini, sementara DET Australia dipimpin oleh David Learmonth, Deputy Secretary, Higher Education, Research and International.

Fokus utama JWG kali ini adalah pendidikan kejuruan (vocational) dan pelatihan (training) serta komersialisasi hasil riset. Lebih jauh lagi, dibahas juga mengenai penjaminan mutu pendidikan online, pengakuan kualifikasi, kerangka peraturan dalam menunjang pendidikan, pendanaan pendidikan, keterkaitan industri dalam pendidikan vokasi, serta peningkatan kolaborasi riset antara Indonesia dan Australia. Khususnya pada sektor pendidikan tinggi, Prof. Ainun Na’im menekankan untuk lebih menggali lagi harmonisasi terkait kualifikasi studi tingkat sarjana di Australia dan S1 di Indonesia.

Kegiatan JWG hari itu ditutup dengan seremoni penandatanganan meeting outcomes oleh pimpinan delegasi kedua negara. Meeting outcomes tersebut menyepakati sejumlah area kerja sama yang saling menguntungkan dan dapat diimplementasikan untuk meningkatkan hubungan kerja sama di antara kedua negara ke depannya.  Indonesia dan Australia juga akan menindaklanjuti penyusunan naskah MoU on Research, Higher Education and VET Collaboration agar dapat ditandatangani pada tahun 2017.

Turut mendampingi Prof. Ainun Na’im dalam JWG ini adalah Prof. Intan Ahmad, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan; Prof. Ocky Karna Radjasa, Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat; Dr. Purwanto Subroto, perwakilan dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti; Ibu Tien Rahmiatin, perwakilan dari Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi; serta Suryo Boediono dan Windie S. Nababan dari Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik. (wsn/kskp)