Pentingnya generasi penerus bangsa dalam memahami ilmu pengetahuan dan sains teknologi menjadi tujuan diadakannya acara Science Technology Engineering Arts Mathematic (STEAM) 2018. Kegiatan yang dihadiri sekitar 300 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menegah Atas ( SMA) ini diselenggarakan di Pusat Sains LAPAN Tilong, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa (1/05).

Dalam sambutannya Kepala Pusat Sains Antariksa LAPAN, Clara Y Yatini mengucapakan “ Terima kasih kepada masyarakat Kupang atas dukungannya sehingga terlaksananya kegiatan diseminasi/sosialiasi penerbangan dan antariksa ini”. Clara berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat Kupang dapat lebih tertarik mempelajari sains.

Selaras dengan pernyataan clara, Plt. Kepala Dinas Kabupaten Kupang, Joni Nomeso mengatakan bahwa “ Kami siap memberikan dukungan ke LAPAN secara administratif dan infrastruktur dalam pembangungan Observatorium Nasional Timau”, ujarnya.

Antusiasme dan semangat para generasi muda pada kegiatan ini terlihat saat mereka mengunjungi booth LAPAN yang menampilkan planetarium mini dan teleskop matahari. Tidak hanya itu, LAPAN juga mengenalkan satelit LAPAN-A2/ORARI, satelit LAPAN-A3/IPB, Sistem Embaran Maritim (Semar), Roket RX1220, Pesawat Transport Nasional N19 Nurtanio, UAV LSU-02 dan infografis mengenai pembangunan observatorium nasional terbesar se-Asia Tenggara yang kan dibangun di Timau, NTT.

Acara Science Technology Engineering Arts Mathematic (STEAM) 2018 ini merupakan salah satu program edukasi keantariksan LAPAN bekerja sama beberapa perguruan tinggi seperti ITB, Undana dan Unawe. Pada kegiatan ini LAPAN memberikan pembekalan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi generasi muda dalam rangka menggapai kemandirian teknologi di Indonesia mulai dari sabang sampai merauke.

sumber: https://www.lapan.go.id/index.php/subblog/read/2018/4456/Antusias-Generasi-Muda-di-Kupang-pada-Science-Technology-Engineering-Arts-Mathematic-2018