TAIWAN – Setelah meraih juara kedua Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017 yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada 9 Juli lalu, tim robot Ichiro dari kontingen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali meraih prestasi di ajang internasional.

Hari ini, tim Ichiro telah menyelesaikan kompetisi Federation of International Robot-Soccer Association Humanoid Robot Cup (FIRA Hurocup) 2017 yang diselenggarakan sejak tanggal 23 Agustus lalu di Kaohsiung, Taiwan, dengan membawa pulang sejumlah prestasi membanggakan.

Merebut piala Juara Umum pada kontes tersebut, sejumlah 3 tim yang dikirimkan oleh ITS berhasil meraih sebanyak 14 penghargaan, yaitu dengan rincian berikut.

  1. Juara umum peringkat 1 kidsize (Tim Ichiro 2)
  2. Juara umum peringkat 3 kidsize (Tim Ichiro 1)
  3. Juara umum peringkat 3 adult size (Tim Ichiro 3)
  4. Juara 1 mini DRC kidsize (Tim Ichiro 2)
  5. Juara 2 mini DRC Adult size (Tim Ichiro 3)
  6. Juara 1 united soccer kidsize (Tim Ichiro 2)
  7. Juara 2 united soccer kidsize (Tim Ichiro 1)
  8. Juara 2 weight lifting kidsize (Tim Ichiro 1)
  9. Juara 2 halang rintang kid size (Tim Ichiro 1)
  10. Juara 3 halang rintang kid size (Tim Ichiro 2)
  11. Juara 1 sprint kid size (Tim Ichiro 2)
  12. Juara 2 sprint adult size (Tim Ichiro 3)
  13. Juara 3 marathon Adult size (Tim Ichiro 3)
  14. Juara 2 halang rintang adult size (Tim Ichiro 3)

Pencapaian tim Ichiro tersebut merupakan suatu prestasi membanggakan dari tim yang tahun sebelumnya juga mengikuti kontes yang sama dan membawa pulang 10 penghargaan. Tahun ini, ITS merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia pada kontes tersebut. Peningkatan tersebut bukan hanya kabar baik bagi ITS Surabaya, namun kabar baik bagi Indonesia, bahwa anak bangsa sekali lagi berprestasi di kancah Internasional.

Pembina UKM Robotika ITS Muhtadin berharap kemenangan tersebut tetap menjadikan tim Ichiro rendah hati namun tetap punya semangat besar untuk berkompetisi membawa nama baik Indonesia di ajang internasional.

“Kami mengharapkan semangat ini menular ke tim-tim robot yang lain sehingga nama Indonesia menjadi besar dalam bidang Robotika. Kami juga mengharapkan ada sinergi antara tim-tim robot yang dimediasi oleh kementerian sehingga percepatan penguasaan teknologi robot dapat dicapai, dan semakin banyak tim-tim robot yang hebat,” tutur Muhtadin ketika diwawancarai oleh tim Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) terkait kemenangan timnya.

Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa Didin Wahidin pun turut mengungkapkan kebanggaannya atas kemenangan tersebut. Dengan semangat, Didin menyampaikan bahwa keluarga besar Ditjen Belmawa turut bangga dan bahagia bahwa ITS telah membawa nama bangsa dan mengangkat harkat dan derajat bangsa Indonesia dalam lomba bergengsi di tingkat dunia.

“Ini makin memperkuat kepercayaan diri anak-anak bangsa dan optimis bahwa bangsa ini adalah bangsa besar yang siap memenangkan persaingan di masa yang akan datang. Terima kasih ITS. Hidup mahasiswa ITS! Hidup mahasiswa Indonesia!” ungkap Didin.

Kemenangan tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa-mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berkarya demi bangsa Indonesia. (DRT/Belmawa)

img-20170828-wa0047