Sebanyak 24 mahasiswa UGM berhasil lolos melaju ke Olimpiade Nasional MIPA (ON-MIPA) Perguruan Tinggi tingkat nasional. Rencananya ON-MIPA tingkat nasional akan dilaksanakan pada 23-27 Mei mendatang di Jakarta.
Ketua kontingen ONMIPA UGM, Erwin Eko Wahyudi mengatakan ke-24 mahasiswa UGM tersebut terpilih melalui seleksi ketat ON-MIPA tingkat regional kopertis wilayah V pada  5-6 April lalu di Universitas Sanata Dhrama Yogyakarta. Dalam kegiatan itu UGM mengirimkan 28 mahasiswa yang sebelumnya sudah melalui proses seleksi di tingkat universitas. Mereka dikirim untuk mengikuti seleksi di empat bidang yaitu matematika, kimia, fisika, dan biologi.
Keduapuluh empat mahasiswa yang berhasil lolos tersebut masing-masing terdiri dari 6 mahasiswa bidang biologi, 4 mahasiswa bidang fisika, 7 mahasiswa bidang kimia, dan 6 mahasiswa bidang matematika. Dalam bidang matematika ini terpilih 1 lagi mahasiswa UGM untuk maju ke ON-MIPA nasional yaitu yang berhasil meraih juara II OSN Pertamina 2015.
“Bangga sekali, dari UGM bisa meloloskan 24 mahasiswanya ke ON-MIPA tingkat nasional,” katanya, Kamis (21/4) di Kampus UGM.
Erwin menyampaikan keberhasilan itu tidak lepas dari usaha yang dilakukan UGM dalam mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti ON-MIPA kali ini. Sebelumnya mahasiswa yang telah terpilih dalam seleksi tingkat universitas diberikan secara intensif selama sekitar dua minggu.
Sementara Kasubdit Kreativitas Mahasiswa, Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D., di tempat terpisah mengatakan dengan lolosnya 24 mahasiswa tersebut menjadikan UGM masuk ke dalam tiga besar nasional jumlah mahasiswa terbanyak yang lolos ke ON-MIPA nasional.
”Urutan terbanyak adalah UGM dan ITB masing-masing meloloskan 24 mahasiswa diikuti UI sebanyak 22 mahasiswa,” tuturnya.
Agus mengaku puas dan senang atas hasil yang telah dicapai mahasiswa UGM pada ON-MIPA tingkat regional ini. Dengan komposisi tersebut menandakan seleksi dan pembinaan internal UGM cukup berkontribusi dalam memperkuat kualitas mahasiswa dalam mengikuti seleksi ini.
“Capaian ini memberikan harapan besar kedepannya, semoga UGM bisa menjadi juara umum ON-MIPA 2016. Khusus untuk bidang matematika juga semoga berkesempatan mewakili Indonesia ke olimpiade tingkat internasional di Bulgaria,” harapnya.
Guna mempersiapkan kontingen UGM menghadapi olimpiade di tingkat nasional, Direktorat Kemahasiswaan UGM akan kembali memberikan pembinaan intensif pada kontingen ON-MIPA UGM selama kurang lebih 1 bulan. Pembinaan akan dilakukan dari departemen dan fakultas terkait. Selain mendapatkan pembekalan dari dosen pembina, mereka juga akan menjalani latihan bersama dengan alumni ON-MIPA dan olimpiade masing-masing bidang.
“Kedepan kami akan terus meningkatkan berbagai upaya pembinaan mahasiswa sehingga mahasiswa UGM bisa semakin bangga mewakili UGM dan keilmuannya,” tuturnya. (Humas UGM/Ika)