Pada 9—23 Januari 2017, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI (FMIPA UI) bekerja sama dengan Universiteit Leiden (UL) Belanda menggelar program kunjungan belajar selama dua minggu yang membahas permasalah ekosistem dan keberlangsungan lingkungan hidup.

Dalam program ini, 24 mahasiswa dari UI dan UL akan berkumpul untuk saling mengenal budaya masing-masing sekaligus mengetahui permasalahan ekosistem dan lingkungan hidup di  Indonesia.

Kegiatan akan dilakukan dalam dua sesi. Satu minggu pertama merupakan sesi teori yang mengenalkan budaya, kultur, serta keragaman lingkungan hidup di Indonesia.

Sementara, pada minggu berikutnya merupakan sesi kunjungan lapangan ke taman-taman cagar alam di Bogor, diantaranya adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol, dan Kebun Raya Bogor.

“Tujuan dari program ini adalah penjajakan serta langkah pertama untuk nantinya membentuk program dual degree dengan Universiteit Leiden dalam bidang konservasi dan sustanaibility,” ujar Dekan FMIPA, Dr.rer.nat. Abdul Haris.

Program ini dinamai dengan “Program Winter School”, karena dilakukan ketika musim dingin sedang berlangsung di Belanda.

Dalam program ini masing-masing mahasiswa dari kedua universitas, mendapatkan pasangan dari universitas yang berbeda dalam melakukan kegiatan selama program berlangsung, yang disebut dengan “Buddy”.

Sistem buddy ini bertujuan untuk memastikan bahwa terjadi perkenalan budaya dan ilmu antarkedua negara selama program ini berlangsung.

Selama beraktifitas, 12 mahasiswa dari UL menginap di Wisma Makara, UI Depok. Semua mahasiswa akan melakukan kegiatan observasi lingkungan langsung, dan presentasi tentang sub topik yang diberikan ke masing-masing kelompok.

Penulis : Wanda Ayu

sumber: http://www.ui.ac.id/berita/ui-dan-universiteit-leiden-gelar-program-winter-school-2017.html