Concept Note Guide

APEC Project merupakan sebuah upaya dari APEC dalam mendukung pertumbuhan dan kemakmuran ekonomi yang berkelanjutan di kawasan Asia Pasifik. APEC Projects membantu dalam merealisasikan tujuan-tujuan kebijakan dan kesepakatan yang telah dirumuskan menjadi sebuah hasil yang konkret dan dapat diukur tingkat keberhasilannya. APEC Porjects membantu anggota ekonomi APEC dalam membangun kawasan Asia Pasifik yang dinamis dan harmonis melalui perdagangan dan investasi yang bebas dan terbuka; mempromosikan dan mempercepat integrasi ekonomi kawasan; mendorong kerja sama ekonomi dan teknis; meningkatkan keamanan manusia; serta memfasilitasi lingkungan bisnis yang kondusif dan berkelanjutan.

Setiap anggota ekonomi APEC memiliki hak untuk mengusulkan sebuah usulan proyek, yang dapat terdiri dari beberapa kegiatan seperti seminar, publikasi, studi dan program peningkatan kapasitas SDM. Suatu proyek yang diusulkan harus secara asli (original) dari ekonomi yang mengajukan, di mana proyek ini akan dipertimbangkan dan disampaikan pada forum APEC. Ekonomi yang mengusulkan proyek akan memimpin dan menyampaikan rancangan proyek melalui seorang Project Overseer (PO). PO inilah yang akan menjadi kontak pertama yang menangani isu-isu terkait usulan proyek dan bertanggung jawab untuk melaporkan kepada forum APEC terkait, dan juga mempersiapkan peninjauan dan penyelesaian laporan.

Persyaratan:

  1. Menyusun Concept Note dengan format yang dapat diunduh disini.
  2. Mendapatkan dukungan/co-sponsor dari minimal 2 (dua) anggota ekonomi APEC. Kemenristekdikti melalui Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik dapat membantu untuk mendapatkan co-sponsor

Berikut adalah dokumen-dokumen penting yang dapat dijadikan tautan terkait dengan pengusulan proyek pada 2nd APEC PPSTI Project Funding:

  1. Guidebook on APEC Projects, merupakan buku panduan yang berisikan beberapa informasi di antaranya: mempersiapkan concept note untuk usulan proyek, siklus APEC Project, informasi teknis mengenai APEC Project, implementasi dan monitoring proyek, besaran pendanaan APEC Projects, dan informasi mengenai pihak-pihak yang mendukung APEC Projects. Buku panduan dapat diunduh disini.
  2. Funding Criteria, mencakup informasi daftar kriteria dan prioritas bidang-bidang usulan proyek yang dinilai dapat mendukung dalam pembangunan kawasan Asia Pasifik. Daftar kriteria dapat diunduh disini.
  3. Approved Project, berupa contoh-contoh concept note yang sudah pernah diajukan pada periode sebelumnya, yang dapat menjadi tautan untuk pengajuan selanjutnya. Contoh concept note dapat diperoleh melalui website APEC Project Database pada link berikut ini: https://aimp2.apec.org/sites/PDB/default.aspx
  4. Informasi lengkap mengenai APEC Projects dapat mengunjungi laman APEC Project Forms and Resources berikut ini: http://www.apec.org/Projects/Forms-and-Resources.aspx

Beberapa tanggal penting yang perlu diperhatikan diantaranya:

  • Batas akhir pengumpulan concept note ke Kemenristekdikti : 19 Juni 2017
  • Pengiriman concept note ke Program Director                    : 20 Juni 2017
  • Pengiriman concept note kepada APEC Secretariat : 26 Juni 2017
  • Penilaian internal APEC PPSTI : 3 Juli 2017
  • Hasil seleksi dari Budget and Management Committee : 19 September 2017

 

Concept note dapat dikirimkan kepada:

Sdri. Indah Permanasari

Sekretariat APEC PPSTI untuk Indonesia

Telp.: 021-3169684

e-mail: kerjasama@ristekdikti.go.id

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

2017